CASTER NIRVANA
G u i d e & T i p s

Selama ini dungeon Nirvana/NV seolah jadi monopoli job melee beraspd 4-5 (terutama WR-fist dan AS) sehingga sangat sedikit job magic (kecuali PR dan FX) yg sering direkrut dalam tim NV kecuali dia adalah pasien Quest Kunci. Namun dalam update 2012, ada kabar gembira untuk job magic: telah disediakan dungeon NV khusus utk mereka, yaitu Caster Nirvana. Tujuan dungeon ini sepertinya untuk memperluas kesempatan bagi job magic dalam menjelajah Nirvana yg kesulitannya disesuaikan dgn karakteristik dan kemampuan umum dari kelima job magic PW. Jadi dungeon ini lebih bersifat tambahan khusus job magic, dan mereka masih bisa menjelajah dungeon NV biasa selama punya kesempatan ikut serta dlm party.

Apa yg istimewa dari dungeon ini?
  • hanya bisa dibuka oleh ketua grup/party berjob magic (Mage/Foxlady/Priest/Psychic/Mystic) level 100+ dan memiliki item Nirvana Talisman selain Kunci Nirvana
  • terdiri dari 5 bos seperti halnya NV biasa, namun semuanya berstatus Kebal Fisik dan memiliki karakteristik lain yg berbeda dan cenderung lebih mudah dihadapi dibandingkan dgn bos NV biasa (dibahas berikutnya)
  • tidak ada bos bonus, namun chance drop yg diperoleh lebih banyak daripada NV biasa (dan akan lebih banyak lagi saat Event Drop)

Untuk membuka dungeon spesial ini, yg pertama adalah kamu harus memiliki char job magic berlevel 100 yg sudah menyelesaikan quest Goshiki utk dapat masuk ke Istana Nirvana. Kamu akan memperoleh quest utk mendapatkan 3 Kunci Nirvana gratis setiap hari ditambah satu item spesial, yaitu Nirvana Talisman. Satu Talisman ini hanya berlaku untuk 1x run Caster Nirvana dalam sehari. Jadi, setiap anggota harus membawa 1 Kunci Nirvana dan 1 Nirvana Talisman dalam tas setiap masuk ke dalam dungeon Caster Nirvana.

Bagaimana cara mendapatkan Talisman ini?
  1. Datangi NPC Orangtua Misterius di Kota Samudera dan pilih opsi Mysterious Priest.
  2. Lanjutkan percakapan dengan NPC...
    (jangan pedulikan terjemahannya, ini lebih mendingan daripada masih berwujud tulisan mandarin )
  3. ...sampai kalian memperoleh item ini di dalam tas: Nirvana Talisman

Selain diperoleh 'gratis' dari NPC Orangtua Misterius, Nirvana Talisman juga dapat diperoleh dari quest Bounty Hunter 100+ tahap I dan II untuk semua job (fisik dan magic). Jadi, job semi-caster seperti Archer dan Seeker juga dapat masuk ke dalam dungeon ini namun tidak boleh menjadi ketua grup/party.

Seperti yang terlihat dalam SS, Talisman ini memiliki durasi 24 jam. Jadi jika item ini tidak terpakai, kamu bisa menukarkannya sebelum menghilang krn durasinya habis dengan 10 Mysterious Chips, 5 Immortal Stones atau 5 TMM:
  1. Datangi kembali NPC Orangtua Misterius dan pilih opsi Collect Nirvana Talisman
  2. Pilih opsi utk bersedia menukarkan Talisman
  3. Setelah Talisman menghilang, klik NPC lagi utk memilih hadiahnya